Monday, November 26, 2012

Chocolate Soft Bread

Sudah lama sekali gak bikin roti sendiri, terakhir bikin tahun 2010. Masalah utamanya tak lain tak bukan karena mesti mengandalkan tenaga lengan kekar (yang sebenarnya cuma lengan cungkring, hi..hi..). Melihat cuaca yang akhir-akhir ini mendung kelabu, akhirnya pakai resep yang sudah teruji keberhasilannya yaitu resepnya bu Fat. Alhamdulillah hasil roti menul-menul, meski ada kesalahan sedikit pas bagian proofing, yang harusnya ditimbang dan diisi dulu baru didiamkan sampai mengembang 2 kali lipat, saya kemarin langsung saya diamkan 2 jam baru ditimbang dan diisi coklat.*Eh ga tau ini kesalahan atau emang ada yang pakai cara seperti saya, tapi yang pasti ga sama kayak di resep aslinya*

Chocolate Soft Bread

Bahan :
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
100 gr  mentega
11 gr    ragi instant
½ sdt    bread improver --> saya skip
4 btr     kuning telur
300 ml  air es
½ sdt    garam --> saya skip

Bahan isi:
50 - 100 gr DCC (Dark Cooking Chocolate)
Meises untuk taburan

Cara membuat:
  • Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
  • Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  • Adonan siap dibentuk-bentuk.
  • Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.
Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalai adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.


Sebenarnya ada beberapa adonan yang tidak diberi isian coklat dan ada juga yang diisi keju, ternyata dik Thia dan ayah lebih suka yang itu.



Dapat badge dari NCC,  karena resep ini saya ikut sertakan dalam even NCC bread week.



No comments:

Post a Comment