Sunday, June 9, 2013

Donat Kentang

Saya suka donat, meskipun Afa ga terlalu suka tapi Thia menunjukkan kegemaran yang sama seperti ibunya. Kemarin Thia merengek-rengek minta lagi minta lagi, kalau tidak dibatasi, wah..wah..bisa sampai skip makan siang tuh. Donat kentang ini dibuat barengan bersama mama saya, saya yang bagian nguleni, mama yang bagian bulet-buletin.

Resepnya pakai donat kentang NCC yang memang empuk banget meskipun udah nginep sehari donatnya.



Cara membuat:

  1.  Dalam sebuah wadah masukkan terigu, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan (saya pakai merk Fermipan) aduk rata.
  2. Tambahkan kentang kukus aduk rata, masukkan telur sambil diaduk dengan tangan, tambahkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni (jumlah air bisa ditambah atau dikurangi). Masukkan mentega, uleni sampai kalis elastis. Biasanya sambil saya banting-banting adonannya biar cepet kalis.
  3. Diamkan adonan selama 1 jam
  4. Setelah 1 jam, kempiskan adonan, timbang per-35 gram, bentuk bulat dan lubangi tengahnya, lakukan sampai semua adonan habis. Diamkan selama 20 menit.
  5. Setelah 20 menit, goreng donat dengan minyak panas dan terendam.
  6. Angkat dan tiriskan, jika ingin diberi topping gula donat segera gulingkan diatas gula ketika masih panas, ulangi lagi ketika sudah agak dingin agar gula bisa menempel.





Oiya, seperti biasa tiap beberapa kali membuat adonan roti saya lupa memasukkan garam, kali ini juga lupa, tapi ga terlalu berpengaruh terhadap rasa. Tanpa diberi topping pun donat kentang sudah enak, cocok dijadikan cemilan bersama teh atau jadi sarapan kayak polisi-polisi bule, hehehe...

No comments:

Post a Comment